Ketika Iman Turun

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Hal yang sangat saya takuti yaitu ketika iman sedang diuji dan saya tidak bisa teguh mempertahankan iman saya. Apa yang harus saya lakukan ketika hawa nafsu lebih mendominasi dan iman melemah?

Sebagai manusia ada dimana keimanan kita akan diuji. Karena orang beriman belum disebut beriman kalau ia tidak diuji dan lulus akan ujian tersebut. Namun terkadang godaan setan untuk lebih mementingkan duniawi lebih kuat dan dikala keimanan sedang turun semua godaan setan itu bisa dilakukan.

Setelah proses hijrah ini memang saya lebih pemilih dalam pergaulan, bukan karena saya tidak suka dengan orang tersebut, namun saya takut iman saya yang masih lemah ini akan mudah goyah dan kembali seperti dulu. Karena saya sadar peran lingkungan dan pertemanan sangat berpengaruh dalam proses naik-turunnya iman.

Saya tidak ingin melihat masa lalu, yang saya ingin hanya menjalani hidup sekarang dengan penuh ketaqwaan.

Melakukan dosa kecil mungkin menjadi salah satu faktor keimanan terkikis. Ya, saya sadar akan hal itu, ketika kita berusaha istiqomah namun sulit untuk menghindari dosa kecil yang berkamuflase menjadi kenikmatan dunia. Terkadang pertanyaan-pertanyaan aneh sering terlintas di pikiran, di saat itu kalau saya tidak semakin mendekat kepada Sang Pencipta bisa jadi saya menjadikan pertanyaan itu menjadi pernyataan.

Kepada Sang Pencipta Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang lah saya meminta untuk diteguhkan iman saya di jalan-Nya. Menghindari dosa-dosa kecil yang tanpa saya sadari jika dosa itu rutin dilakukan bisa menjadi pelemah keimanan.

Ya Allah hidupkan kami dengan iman
Ya Allah matikan kami dalam iman
Ya Allah bangkitkan kami dengan iman
Dan masukkan ke surga-Mu dengan iman

-unic : doa iman-

Leave a Reply

