Zaman Serba Debat

Sebenernya perdebatan emang udah ada  sejak dulu kala. Bahkan sejak zaman para nabi dan rasul banyak kaumnya yang mendebat dan tidak patuh pada nabinya. Tapi yang membedakan antara zaman dulu dan zaman sekarang adalah semakin majunya media sosial  atau kemunduran seseorang dalam mencerna suatu hal ?

Sebenernya capek juga tiap liat instagram atau timeline line isinya itu lagi itu lagi yang di share temen-temen. Anehnya lagi ada yang muslim tapi anti banget diajak hidup sesuai aturan Allah. Lah piye?

Sejak kemajuan era medsos yang awalnya hanya untuk bertegur sapa atau berkenalan dengan orang baru, sekarang ini banyak disalah gunakan oleh kebanyakan orang. Sejujurnya saya sangat menghindari perdebatan yang jawabannya sudah saya yakini. Seperti yang lagi happening banget yaitu debat tentang agama. Hal ini memang sangat sensitive. Namun saran saya kalau ingin ikut berdebat carilah  sumber  yang terpercaya, akurat, no hoax dll terlebih dahulu.

Satu satunya buku atau kitab yang menjadi sumber terpercaya bagi saya hanya Al-Qur’an. Karena Al-Qur’an bukanlah ciptaan manusia yang dapat ditulis sesuka hati oleh manusia atau direvisi seperti skripsi. Lalu baca hadist-hadist shahih, itu petunjuk hidup banget , serius!

Dulu pemikiran saya yang agak “bebas” dapat dengan mudah percaya dengan teori-teori buatan manusia yang pastinya tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Namun lama-lama saya merasa itu salah dan tidak diterima akal saya.

Setelah saya membaca Al-Qur’an dan memahami artinya ternyata banyak teori-teori yang melenceng dari apa yang Tuhan telah ciptakan. Sungguh aneh tapi nyata. Sungguh aneh kenapa kebanyak manusia sekarang lebih mengagungkan “pikiran manusia” dibandingkan firman Tuhan.

Saran saya lagi untuk muslim dan muslimah yang masih mencari kebenaran, bacalah kitabmu. Adab berbicara, pergaulan, menikah, hidup, mati, hari pembalasan, proses penciptaan manusia, bumi, tata surya, semua yang terjadi di dunia ini lengkap pake banget di jelaskan dalam Al-Qur’an.

Jadikanlah buku bacaan lain hanya sebagai pengetahuan sampingan dan jangan langsung telan mentah-mentah. Sesungguhnya ilmu didunia ini banyak dan tidak ada manusia yang bisa menguasai semua ilmu itu.

Daaan bagi yang masih suka berdebat tolong baca bismillah dulu sebelum nulis (kan di ig sama line) dan yang terpenting jangan mensugesti pemikiran orang awam yang masih mencari kebenaran 🙂 Ingatlah hadist berikut : “Sesungguhnya orang yang paling dimurkai oleh Allah adalah orang yang selalu mendebat.” [HR. Bukhâri, no. 2457; Muslim, no. 2668; dll] (https://almanhaj.or.id/3360-bicara-tanpa-pahala.html)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s